PSI Minta Pj Heru Tak Fokus Ajang Formula E, Mending Layani Rakyat

Jakarta International E-Prix Circuit (JIC) Ancol

Jakarta, Dekannews - Gelaran balap Formula E akan digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIC) Ancol, Jakarta Utara pada 3-4 Juni 2023. Meski jadi tuan rumah, Penjabat (Pj) Heru Budi Hartono diminta tidak perlu fokus pada ajang tersebut, namun lebih utamakan pada pelayanan warga DKI.

"Sebaiknya Pak heru tidak perlu fokus ke acara yang menghambur-hamburkan uang ini. Fokus saja ke penyediaan hak-hak mendasar warga seperti air bersih yang masih butuh puluhan triliun untuk infrastrukturnya," kata Sekretaris Fraksi PSI di DPRD DKI Jakarta, William A. Sarana, Rabu (31/5)

William berpendapat, gelaran Jakarta E-Prix bukan merupakan program prioritas Pemda DKI untuk kemaslahatan warga ibu kota. Maka, kata dia, lebih penting Pj Heru bekerja untuk melayani warga ketimbang kegiatan yang sudah menghabiskan uang rakyat.

"Formula E bukanlah prioritas utama masih banyak hal lain yang menjadi prioritas Gubernur seperti penanganan banjir, pipanisasi air bersih, dan penuntasan kemacetan," urai William.

Selain itu, meski ajang balap mobil listrik tersebut digelar tanpa anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dan commitment fee atau setoran awal.

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta ini menyatakaan Formula E harus dilaksanakan dalam keadaan keuangan yang fit.

"Jangan lupa, kita pernah pake uang APBD Rp 560 M untuk Formula E, Jakpro harus menghitung ini sebagai biaya yang sudah dikeluarkan dalam menghitung keuntungan ekonomi," tegasnya. RED